MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

DEFINISI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Manajemen tenaga pendidik dan kependidikan adalah aktifitas yang harus dimulai dari tenaga pendidik dan kependidikan itu masuk ke dalam organisasi pendidikan sampai akhirnya berhenti melalui proses perencanaan SDM, perekrutan, seleksi, penempatan, pemberian kompensasi, penghargaan, pendidikan dan latihan/pengembangan dan pemberhentian.

TUJUAN MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Tujuan manajemen tenaga pendidik dan kependidikan berbeda dengan manajemen sumber daya manusia pada konteks bisnis. Di dunia pendidikan tujuan manajemen SDM lebih mengarah pada pembangunan pendidikan yang bermutu, membentuk SDM yang handal, produktif, kreatif dan berprestasi. Tujuan manajemen tenaga pendidik dan kependidikan secara umum adalah:

  • Memungkinkan organisasi mendapatkan dan mempertahankan tenaga kerja yang cakap, dapat dipercaya dan memiliki motivasi tinggi.
  • Meningkatkan dan memperbaiki kapasitas yang dimiliki oleh karyawan.
  • Mengembangkan sistem kerja dengan kinerja tinggi yang meliputi prosedur perekrutan dan seleksi yang ketat.
  • Mengembangkan praktik manajemen dengan komitmen tinggi yang menyadari bahwa tenaga pendidik dan kependidikan merupakan stakeholder internal yang berharga serta membantu mengembangkan iklim kerjasama dan kepercayaan bersama.
  • Menciptakan iklim kerja yang harmonis.

TUGAS DAN FUNGSI TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Berdasarkan Undang-Undang no. 20 tahun 2003 pasal 39 : (1) Tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada suatu pendidikan. (2) Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi.

 

AKTIVITAS MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN

Perencanaan

Perencanaan manajemen tenaga pendidik dan kependidikan adalah pengembangan dan strategi dan penyusunan tenaga pendidik dan kependidikan (SDM) yang komprehensif guna memenuhi kebutuhan organisasi di masa depan. Di negara kita status kepegawaian tenaga pendidik dan kependidikan terbagi 2 yaitu berstatus PNS dan non PNS dan berada di bawah naungan Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama.

 

Seleksi

Seleksi didefinisikan sebagai suatu proses pengambilan keputusan dimana individu dipilih untuk mengisi suatu jabatan yang didasarkan pada penilaian terhadap seberapa besar karakteristik individu yang bersangkutan, sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan tersebut.

Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja merupakan sebuah proses komunikasi yang berlangsung terus menerus/berkesinambungan dan dilakukan dalam kemitraan antara karyaman dengan penyelia langsungnya. Proses ini meliputi kegiatan membangun harapan yang jelas serta pemahaman tentang pekerjaan yang akan dilakukan.

Pemberian Kompensasi

Program kompensasi atau balas jasa umumnya bertujuan untuk kepentingan perusahaan, karyawan dan pemerintah. Supaya tujuan tercapai dan memberikan kepuasan bagi semua pihak hendaknya pemberian kompensasi didasarkan pada prinsip adil dan wajar. Tujuan pemberian kompensasi antara lain adalah sebagai ikatan kerja sama, kepuasan kerja, pengadaan efektif, motivasi, stabilitas karyawan, serta disiplin.

Pengembangan Karir

Pengembangan karir yaitu suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan-peningkatan status seseorang dalam suatu organisasi dalam jalur karir yang telah ditetapkan dalam organisasi yang bersangkutan.

DAFTAR RUJUKAN

 

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. 2009. Manajemen Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s