Otanjoubi Omedettou Gozaimasu, Abah Sayang

hari ini, usianya separuh abad.
meski begitu, dia tetap terlihat gagah dan berwibawa.dia bukan superman, DIA LEBIH DARI ITU.

dia ga pernah terbang keliling dunia membantu setiap orang yang butuh pertolongan, tapi dia senantiasa peduli terhadap anaknya dan orang disekitarnya.

dia ga mengenakan baju ketat dengan inisial S dan memakai celana dalam di luar atau selendang di punggung *ehh dipikir penari ronggeng*, tapi dia mengenakan baju korpri dan berangkat ke sekolah dengan senyum sumringah.

DIA ABAHKU, AYAH TERHEBAT SEPANJANG HIDUPKU.

abah sering marahin aku. mungkin bukan marahin, tapi nasehatin aku dengan nada tinggi dan kuartikan sebagai luapan emosi. tapi aku mengerti bahwa jika masih ada perasaan *katakanlah* marah, itu berarti masih ada rasa peduli. dan berarti juga, masih ada kasih yang tak terhenti.

malem minggu kemarin, aku dapet wejangan banyaaaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkk banget.
dari abah, dari umi. lengkap sekali hidupku.

satu jam lebih aku mendengarkan wejangan itu dengan seksama, bahkan sampe nangis bombay ala film india. aku merasa malu dengan segala keterbatasanku menjadi anak yang berbakti dan berguna. aku merasa betapa bodoh karena ga dari dulu bersyukur atas kebaikan Tuhan menganugerahkan orangtua terhebat seperti mereka.

aku menangis sesenggukan.
tidak karena disakiti, tidak dipukul atau ditampar. tapi karena malu yang menggunung.
juga karena syukurku pada Tuhan.

bagaimana bisa ga bersyukur jika aku mendapat orangtua yang begitu baik, yang masih punya waktu mengelus rambutku, mengecup keningku dan membisikkan nasehat-nasehat tentang hidup sementara banyak banget di luar sana anak yang kurang kasih sayang orang tua.

orangtuaku selalui punya banyak waktu untukku, tapi kenapa aku jarang sekali meluangkan waktu untuk mereka? aku selalu sibuk dengan fesbuk, komik, novel, acara masak dan afgan. apa-apaan aku ini? pantaskah? TIDAK.

senin kemarin aku ke jayen, beli kado buat abah. kubelikan dia sebuah hem coklat ukuran XXL. yah, abahku emang gendut. ya ga gendut-gendut banget sih, tapi daripada kekecilan ntar trus ga dipake kan mending kegedean toh ya??

sampe dirumah, aku sempet juga dapet wejangan lagi dari abah. setelah makan, aku langsung bungkus tuh kado. tentunya tanpa pengetahuan siapapun. aku yakin abah mungkin ga peduli dengan hari ulang tahunnya atau apa hadiah yang akan dia terima.

abah pria dewasa berumur 50 tahun, bukan balita 5 tahun yang dinyanyikan lagu ultah. tapi meski begitu, aku tetep peduli sama abah. aku anaknya, mana mungkin aku ga peduli sama dia?

seandainya aku bisa denger doa dan permohonannya, aku yakin abah hanya minta anaknya berbakti kepadanya.

abah ga akan mungkin minta sepatu, kaos santai atau barang-barang lain yang bisa dibelinya sendiri. tapi abah pasti akan berdoa semoga aku dan saudaraku yang lain bisa berbakti kepadanya.

apalagi kebahagiaan orangtua selain punya anak yang berbakti?

aku mungkin belum bisa memenuhi doanya hari ini. tapi percayalah, aku sudah berusaha sejak aku mengerti bahwa adalah anaknya.

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

sepenggal surat untuk abah yang kusisipkan dalam sebungkus kado penuh cinta

SELAMAT ULANG TAHUN, ABAH

sudah separuh abad usiamu
tapi kau masih tampak gagah dan berwibawa
seperti akar beringin yang tak pernah lapuk
semakin lama semakin kokoh menjalar dalam tanah

terima kasih abah🙂
untuk kasih sayang yang tak pernah usang
untuk pengertian yang tak pernah pudar
untuk perhatian yang tak pernah lekang oleh zaman
dan untuk kesabaran yang tak ada habisnya

maaf jika selama 17 tahun ini banyak kekecewaan yang kutorehkan,
banyak kesedihan yang kugoreskan
sekali lagi, maaf😦

kadang sulit rasanya untuk mengungkapkan isi hati
tapi aku cuma ingin abah tau kalau aku juga sayang abah
mungkin memang tak kuucap lewat lidah
tapi kurasa kumpulan kata ini mampu mewakiliku

you are THE GREATES FATHER I ever had
you are the best man around the world
no one can replace you in my life
I’M PROUD OF BEING YOUR CHILD🙂

love,
ur sweet angel

FIRDA :))

fesbuk, 13 April 2010 jam 11:11

salam imut selalu,
suuPhieRhero🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s