masa depan bangsa bukan di tangan mereka, melainkan di tangan kita: GENERASI MUDA !

gayus tambunan plesiran ke bali. ditahan, tapi bisa nonton pertandingan tenis internasional. opo-opoan ngunu iku. gimana bisa burung yang dikurung dalam sangkar bisa terbang bebas sampai ke angkasa? gak rasional, gak masuk akal. pasti ada yang membantunya untuk lepas sementara waktu.

aku ketawa kecil. miris. kalo rakyat kecil punya salah, langsung dihukum sampai jera, bahkan terkadang hukumannya terkesan lebih berat dibanding kesalahannya. tapi kalo orang kaya yang bersalah? semuanya jadi lebih mudah. gak ada kata susah buat segera keluar dari penjara. hadeehhh… mana yang namanya keadilan di mata hukum?? nonsens.

indonesia kurang apa? dasar negara udah sedemikian sempurna. sumber daya alam juga melimpah. undang-undang dan hukum udah dibuat begitu detailnya. apa yang kurang sampai-sampai negara kita, yang udah merdeka 65 tahun lamanya, masih aja gak bisa unggul di kancah dunia?

kupikir jawabannya adalah indonesia kekurangan sumber daya manusia yang benar-benar kualitatif, bijaksana, dan dapat dipercaya. banyak orang pinter di negara merah putih ini. banyak orang bergelar sarjana. banyak orang yang bergelimang harta. tapi sangat minim orang-orang yang jujur dan amanah.

ngelihat tingkah para pejabat negara dan orang-orang berkedudukan tinggi lainnya yang bener-bener bikin kecewa, jangan salahkan aku kalo aku ngalami krisis kepercayaan sama pemerintah. aku gak menyalahkan mereka, aku hanya mempertanyakan gimana kinerja dan tanggung jawab mereka sebagai wakil bangsa?

logikanya, kalo yang merintah aja gak bener, gimana yang diperintah bisa percaya sama mereka? okelah katakanlah gak semua gak bermoral. tapi karena nila setitik, rusak susu sebelanga kan?

demokrasi dijunjung tinggi, diagung-agungkan. tapi fakta gak sesuai harapan. makin banyak terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan kekuasaan. kalo demokrasi langsung, kami orang awam gak terlalu mengerti tentang politik dan intriknya. tapi kalo demokrasi perwakilan, sekarang ini udah jarang orang yang bener-bener bisa ‘mewakili’ rakyat, bukan mewakili pribadi. trus mesti gimanaaaaa??

menurutku, jawabannya adalah dengan memperbaiki diri sendiri, introspeksi. gak ada gunanya juga kita mengkritik kalangan atas kalau kita cuma gede omong dan gak ada tindakan. kalo kata iklan, harusnya kita talk less do more. kalo kita sebagai generasi muda gak ngreken sama masa depan bangsa, buyar rek indonesia iki.

kita gak perlu hafal kitab undang-undang hukum pidana untuk memvonis tiap orang yang bersalah. kita juga gak perlu bikin spanduk gede, protes anti pemerintah, dan demo di jalan-jalan protokol ibukota. gak perlu kayak gitu. bukannya terkesan intelek malah terkesan ndeso, bisanya cuma demo dan menuntut ini itu.

sebagai generasi muda, yang kita perlukan adalah berkontribusi terhadap kelangsungan hidup bernegara sesuai dengan bidang dan kemampuan kita. kita amalkan pancasila di kehidupan nyata, dimulai dari diri kita sendiri. gak usah lihat cacatnya orang lain.

kalo kita pelajar, ayok jadi pelajar yang baik. giat belajar dan gak diem kalo ada yang gak sesuai dengan rasional kita. kalo kita guru, ayok jadi guru yang baik. mengajarkan hal yang benar dan memberi teladan yang patut untuk ditiru kepada peserta didik kita. kalo jadi pedagang, ayok jadi pedagang yang baik. gak melakukan riba dan gak mengambil yang bukan haknya. dan masih banyak lagi tentunya.

mulai dari diri sendiri. jangan berharap maju kalo belum bisa berjalan di atas kesadaran pribadi.

 

 

perjalanan ribuan mil dimulai dari satu langkah kecil kan? selalu ada yang pertama dalam setiap hal🙂

fesbuk, 16 November 2010 jam 22:35

salam imut selalu,

suuPhieRhero :))

masa depan bangsa bukan di tangan mereka, melainkan di tangan kita: GENERASI MUDA !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s