31122010: the story of the last twenty ten day

HAPPY NEW YEAR🙂

selamat tahun baru 2011

well, ga kerasa kita jumpa lagi sama awal januari. awal tahun. waktu makin cepet aja muter. sumpah rasanya baru kemaren 2010, eh sekarang udah 2011.

31 desember 2010, pagi hari

aku mau online, ndilalah modemku sarap. paketan unlimited masih ada, eh gak bisa dipake.akhirnya kuputuskan buat tidur, mlungker nang ndukur kasur. ‘mbak, minjem leptop dong. mau fesbukan’, kata adekku. aku cuma nyengir garing. ‘gak kenek le. dapak kenek ngunu gak tak tinggal turu’, ujarku.

siang harinya..

aku *lagi-lagi* ngadep laptop, bantal di bawah dagu, ngetik curhatan. cerita lewat tulisan tentang sebuah kegoblokan setahun ini. mlumah mengkurep, buka tutup laptop, nonton film, sms temen-temen, mblenger suwe-suwe. trus tau-tau umik bilang ‘fir, melok ta shopping?’. aku tanya kemana. umik jawab, ‘ke pasar porong. beli jagung’. aku cegek. ngajak ke pasar porong ae kayak ngajak ke mall.. ckckck.. well, beli jagung buat dibakar pas malem menyambut tahun baru ntar. aku ngikut wes..

karena umik bilang ntar langsung ke rumah bulek dan gak pulang, aku pun make baju yang lumayan necis buat ukuran cewek yang bakal ke pasar. aku bahkan bawa tas kecil berisi dompet hape dan kamera gara-gara saku celanaku bolong. gak, sumpah rek aku gak pengen foto-foto ndek pasar. aku cuma jaga-jaga sapa tau ntar pas ngumpul keluarga buat dokumentasi.

udah necis-necis, njeketek udan. udah gitu niatnya lewat jalan bobolan, ndilalah malah nyasar. sampe pasar, becek’e gak nguati. tapi seneng seh liat sayur-sayuran yang ijo-ijo, seger. cuma gimana ya.. ngerasa saltum aja gitu. tapi gapapa, budhe malah make kacamata item yang gede. padahal panas gak, mendung iya.

gak dapet jagung biasa, cuma dapet jagung manis. mblenger nek dimakan. tapi ya dari pada bakar rumah, beli deh akhirnya sekantung plastik gede jagung manis udah di tangan. ceritanya kita rame-rame gitu belinya. pulang dari paspor, pengen makan pangsit ndilalah pangsit langganan tutup. yaahh *kecewa*.. karena laper, kita makan pangsit seadanya di pasar tulangan.

ayam’e dikit banget. tapi lha kok laris mesti. aneehh.. dan ternyata di depan orang yang jual pangsit ada pedagang jagung biasa. woo langsung beli lagi sekarung isi 55 jagung. ealah, aku mbatin. nyari’e ae adoh-adoh nang paspor. njeketek nemu’e nang pasar tulangan dewe. hahhahasseemm..

sore harinya..

ngupas jagung biasa, soalnya yang manis udah dikupas kulitnya. aku lihatnya sampe bingung. sekresek gede jagung manis sama sekarung jagung biasa.. kate diapakno jagung sak mene akeh’e? poseng wes. abis itu yang lain pada futsal, aku cuma jepret-jepret. maklum, aku gak bisa dan gak hobi olahraga. abah malah sempet jatuh. sedangkan pakde selalu melakukan gaya ala irfan bachdim saat bisa mencetak gol.

petang harinya..

njeketek lha kok udan maneh. aku smsan bentar sama sahabat-sahabat sma, ngebikinin ponakanku disen baju, ngeliatin adek sama yang lain main ps, makan, trus nggletak tidur. lha poseng aku gak ngapa-ngapain. mau nonton tipi lha kok isine sinteron kabeh.

malem harinya..

bangun-bangun lha kok njeketek wes jam setengah sebelas. semua ngumpul di ruang tamu sama teras. ada yang ketiduran -atau mungkin sengaja tidur-, ada yang main ps, ada juga yang smsan. pakde budhe paklek bulek abah umik adek sepupu ponakan ngumpul jadi satu. pas aku jalan mau gabung ke ruang tamu, ndilalah diguyu gara-gara kepulesen nek tidur hahha

aku bingung sebenere jadi mbakar jagung gak seh iki. wes malem lho. njeketek ket maeng gak mbakar-mbakar tuh gara-gara nungguin the master of fire alias paklekku sang maestro dalam hal nunu jagung hehe.. sekitar jam setengah 12, acara bakar-bakar dimulai. tenang, cuma jagung kok. gak ngobong omah.

makanan yang lain juga disiapin. mulai dari nasi rawon, tahu sama krupuk petis, kacang tanah kukus, pisang kukus, semangka, sampai susu soda sebagai minuman. asik asik.. aku suka suasana kekeluargaan kayak gini. jadi meski jomblo, aku ga ngerasa sendiri.

jam 12 malem, bunyi petasan sama kembang api kedenger sahut-sahutan. kita juga gak mau kalah aslinya. ada petasan, gobloknya semua gak bisa nyalain. ada yang bisa, tapi takut. kayanya tuh petasan berakhir di sungai depan. ckckck..

seru banget lah pokoknya malem tadi. tapi satu kalimat pakde yang aku ingat dan yang ngena banget di hati, ‘kenapa semua seneng banget ngerayain tahun baru? padahal itu artinya umur kita semakin pendek’. GLEK. aku langsung cegek.

bener juga seh. karena semakin pendek itu, maka kita juga gak seharusnya sekedar merayakan. tapi juga megoreksi diri akan apa yang telah kita lakukan dan merencanakan apa yang akan kita kerjakan.

so, what about your new year eve?

Leave a Reply

