setahun di PGSD UM :)

pertengahan agustus nanti, genap satu tahun aku jadi anak kuliahan. waoow…. amazing. gak kerasa cepet banget yaa waktu berjalan. perasaan baru kemarin PKPT, eh sekarang udah mau masuk semester 3. eh tapi kerasa juga seee…. jare sopo gak kerasa. haisshhh…. apalagi pas inget2 tugas segunung, bikin sekian RPP, bikin media pembelajaran, bikin silabus, hadaaahhh…. kerasa banget wes kuliah setahun ini.

jujur yaaa…. salah satu alasan aku masuk PGSD adalah karena pikiran goblokku yang meng-underestimate prodi ini. saat itu, yang nongol di benakku adalah “HALAAAHH ATASE PELAJARANE AREK SD AE LOH. NGARA IWUNE YOK OPO SEEE. PALING YO NGONO2 TOK”. saat itu kupikir kuliah di pgsd tuh gampang banget. semua pelajarannya paling2 kayak arek SD. gitu pikirku. jadi misalkan matematika, ipa, ips, semuanya ya yang ringan2 aja kayak anak SD.

barang wes mlebu pgsd, dadakno mbelgendes. semua gak sesuai kayak bayanganku. pelajarane tetep susah kayak di SMA. di matematika, tetep ada barisan dan deret, pangkat dan akar, sistem numerasi, dan tetek bengek lainnya yang naujubilah sama sekali gak pernah kupikirkan sebelumnya. di IPA juga sama. kupikir paling ya gitu2 aja. dadakno tetep aja pake neraca2an, melajari bumi dan antariksa, trus juga analisis tentang kesalahan2 yang sering dilakukan oleh guru SD selama ini dalam menyampaikan materi. ya Allaaahhh….

tapi kalau dipikir2, ya mana mungkin lah pelajarannya sama kayak anak SD. lha kita lhoo mahasiswa calon guru SD. masa ya yang dipelajari sama kayak murid SD. lak lucu seee -__- kalo pelajarannya sama, lak gak ada bedanya guru SD sama murid SD. dimana2 guru ya harus lebih ngerti daripada muridnya. lha kalo gurune ae kemplo, apa kabar muridnya? sesat paling hahhaha😀

well, selama setahun ini banyak hal terjadi. mulai dari yang menyenangkan sampe yang menyedihkan. mulai dari yang nyantai sampai yang bikin memacu adrenalin. haha lebay. wes intinya aku gak salah milih prodi😀

mulanya aku emang pengen jadi guru. tapi masih dilema antara jadi guru SD sama guru bahasa indonesia. berhubung pendidikan bahasa indonesia gak menerima aku buat kuliah disana, yauueess. berarti emang jalanku di pgsd. apalagi ortuku juga lebih ridho di pgsd. maklum, ortuku guru sd. yaa kayak orang tua pada umumnya lah. kalau bapaknya dokter, anaknya jadi dokter juga. kalau bapaknya profesor, anaknya disuruh jadi profesor juga. kalai bapaknya guru sd, pengennya ya anaknya guru sd juga. haiisshhh….

aku seee bukannya gak punya cita2 dan cuma bisa nurut sama orang tua. tapi ya emang inilah cita2ku. aku pengen jadi guru, pengen jadi teladan. apalagi ortu merestui. sekalipun aku punya cita2 jadi guru tapi kalau ortu gak merestu, aku gak mungkin masuk pgsd. biar gimanapun, menurutku restu orang tua itu sangat penting. ridho Allah itu ada pada ridho orang tua.

pada akhirnya, apapun yang kita pilih, jalani dengan senang hati. karena ketika kita ikhlas, segalanya akan terasa lebih ringan. mau kuliah kek, mau kerja kek, mau apapun itu, usahakan selalu mendapat restu dari orang tua kita. karena dengan restu mereka, insya Allah segalanya akan dimudahkan dan diberi kelancaran oleh-Nya🙂

56 thoughts on “setahun di PGSD UM :)

  1. wah, saya mau masuk PGSD ..
    waduh, tak kira kita cuma belajar pelajaran anak SD loh ..
    walah .. lha kok ? Mana saya paling gak suka matematika ..
    Gedung PGSD itu dimana sih, Mbak ? Di Sawojajar atau di kampus utamanya UM .. ?

  2. iya mbak. Baru nyadar. Hehe
    terpisah dari kampus utama dong ? Cman jurusan PGSD ato smua fakultas pendidikan di sawojajar smua ?
    Aku dari SMA 1 KEPANJEN dan alhamdulillah taun ini diterima di PGSD UM.
    Maaf ya mbak, kebanyakan nanya

    • iya.. kalo ada info apa2 mesti telat. dulu pas aku masuk, masih sepi buangeeett… cuma beberapa kelas. skrg udah rame soalnya semua prodi di jurusan KSDP insya Allah tahun ajaran baru bakal ditaro di PP2. gak tau deh itu beneran apa gak kabarnya. tapi yg jelas, PGSD mulai taunku di sawojajar.

      oh yaaaa?? kamu PGSD?? ntar ketemu aku doong🙂

  3. oh, gitu toh. Iya, ntar moga2 kita bisa ketemu🙂 mbak semester berapa ? PGSD ada berapa kelas emang ?
    Mbak punya twitter ?

    • aku semester 4 mau 5🙂 kalo 2010, ada 2 kelas yg di sawojajar, 1 kelas di blitar kalo ga salah. kalo 2011, di sawojajar PGSD ada 4 kelas, yg di blitar gak tau.. punya –> @phierda🙂

  4. berarti tahun ini lebih banyak ya yg diambil ?
    Kalo pendidikan seni gedungnya di kampus utama ya, Mbak ?
    Aku follow dlu, ntar follback ya, Mbak. Mohon bantuannya, ya🙂

    • iya di kampus pusat. yg di sawojajar cuma KSDP, khususnya PGSD. iya udah aku follback. btw kamu kok bisa nyasar ke blogku? hhehehe…

      kamu sman 1 kepanjen ya? banyak lho anak sman 1 kepanjen di pgsd. di kelasku aja ada 3.

      gatau taun ini ambil berapa banyak hehe.. iyaa, kalo ada apa2 tanya2 aja gapapa

  5. awalnya sih aku nyari lokasinya gedung PGSD UM. Aku rada gak percaya pas dibilangin kalo ada di sawojajar soale. Eh, nyasar di sini. Aku buka aja. Dan tulisan mbak di atas sukses bkin aku melongo. Hehe
    oh, ya ? Kalo taun ini ada 2 yg uda keterima di UM. Aku ma temenku sekelas sama2 diterima di PGSD.
    Ternyata guru SD pinter2 yaa, walaupun kadang dipandang remeh ..

    • wah congrats yaaaa🙂 ntr abis lebaran ketemu aku dikampus :p hihi~ iya. dulu banyak banget yg ngunderestimate pgsd. padahal ternyata dari semua jurusan di semua fakultas yg ada di UM, pendaftar PGSD tuh yg paling banyak. yg lain cuma ratusan, PGSD saingannya ribuan🙂

  6. hehe. Terimakasih. Gak nyangka juga bkal msuk PGSD. Awalnya pengen Pend. Bahasa Inggris.
    Angkatannya mbak ada brapa mahasiswa nya ? Sekelas brapa orang ?

    • tergantung jalurnya🙂 kalo ikut undangan, ya via sekolah daftarnya. kalo snmptn atau mandiri, bisa daftar sendiri🙂 bayar administrasi, lengkapin dokumen, ikutan tes, trus tinggal tunggu pengumuman ketrima apa engga🙂

      mau masuk PGSD UM juga kah? semangaaaattt!!

  7. aku asli malang aja mbak, pakis, hehe
    mbak asal mana ?

    belum d umumin pp nya dmana mbak, sejauh ini masih ada pengumuman pkpt aja, hehe

  8. makasih, infonya mbak.🙂 Ya fikiran pertama yang muncul tentang PGSD ya rata-rata hampir sama, sering meremehkan. Padahal kan yang membekali siswa itu paling banyak ya dijenjang SD. Semoga dimudahkan segala urusannya ya mbak-mbak!:)

  9. Salam kenal Kak
    taun ini aku mau ambil pgsd um, tapi stelah tau kalau kampus pgsd terpisah dr kampus utama, rasanya ga seru banget. Emang hrus terpisah gtu ya Kak?

    • iya..mulai 2010 (angkatanku), untuk PGSD dan PGPAUD kampusnya ada di sawojajar. kampus ini merupakan pusatnya PGSD dan PGPAUD. jadi keren banget. mana ada cobak jurusan/prodi lain yang dibangunin pusatnya sendiri😀 tapi ya emang agak gak seru sih, jauh dari kampus utama.

  10. assalamualikum kak. Mau tanya, aku dari blitar nih, tahun ini mau ambil PGPAUD UM. Kira2 aku ditempatin dimana ya? Dan mau tanya, di Blitar itu fakultas & jurusan apa aja? hehe makasih^^

  11. kak, kalau kampus 2 di sawojajar itu cuma prodi pgsd sama pdpaud aja kah? apa ada prodi lain dri fip khususnya?
    tahun ini aku ketrima di plb um kak, belum tau masuk di kampus mananya. mohon bantuannya ya kak.

Leave a Reply

