akibat ke-kemplo-anku di smanivda 210611

empat tahun yang lalu, aku dianter masku daftar PSB (penerimaan siswa baru) di smanivda. well, saat itu aku agak frustasi mengingat harapanku adalah smanisda, pake IS bukan IV. tapi mau gimana lagi, pas itu kan nilainya digabung sama hasil tes. sedangkan hasil tesku sangat gak menjanjikan. yang ada malah menjijikkan. yauueess, timbange gak sekolah opo maneh dirabekno, lakyo karuane di smaniv walaupun -pada mulanya- aku gak sreg blas sama sekolahnya.

kemarin, gantian aku nganter adekku daftar PPDB (penerimaan peserta didik baru). hadeehh, panjang amat deh. apa coba bedanya sama PSB? endhel atek ganti2 nama barang. sekarang kata ‘siswa’ mulai digeser dan diarahkan kepada kata ‘peserta didik’. well, balik lagi ke adekku. ceritanya aku yang dipasarahin sama abah umikku buat ngurus pendaftaran adekku. adekku sendiri percaya sama aku. bahkan dia lebih milih daftar bareng aku daripada sama temen2nya. mungkin dia pikir aku udah 3 tahun sekolah smaniv, jadi lebih ngerti lah.

ternyata pikiran semua orang salah. sekolah 3 tahun di smaniv gak berguna sama sekali dalam pengisian formulir pendaftaran. ternyata gak ada hubungannya blas antara almamater sekolah sama ngisi formulir. hadaaahhh…. kalah aku rek sama temen2nya adekku yang daftar sendiri gak pake dianter.

temene adekku 1: beehhh… wenak rek fudin. sembarang2e diurusno mbak’e

temene adekku 2: iyo e. kari terimo dadi

aku: lha iyooo yok opo ngene iki mbak’e dikongkon mbabu ndaftarno arek’e. haha *candaku*

temene adekku 1: pean biyen alumni kene ta mbak?

aku: iyo. lulus tahun wingi. setahun tak tinggal kok wes seje yoooo….

temene adekku 2: opo’o mbak? tambah apik ta tambah elek?

aku: tambah panas. sing nggarai apik kan onok aku. berhubung aku wes lulus, dadi yo biasa ae ah. *nggaya*

temene adekku 1+2: hahhahhaha😀 *ngguyu campur kudu nabok*

saking asiknya guyon sama temene adekku, aku salah nulis. nama orang tua mau kutulis H, malah kutulis Hj. padahal kan nama orang tua biasanya pake nama ayah. mau tak stipo, eh katanya gak boleh distipo. haduh mateng aku. karena kupikir kesalahanku gak seberapa fatal, aku pun melanjutkan ngisi formulir. setelah super pede, ternyata oh ternyata AKU SALAH MASUKIN NILAI.

jambret. mateng aku. hooroooo wes. abisnya di kolom formulir urutan mapel yang diunaskan gak sama kayak yang di ijazah. nilai matematika tak tulis IPA. IPA tak tulis nilai bahasa inggris. jambuuuu kemplo ancen aku iki. aku bingung setengah mati. haduuu yok opo iki. kaget adekku gak keterimo smanivda gara2 aku, lak mateng aku dipecel ebesku. tapi kemudian temene adekku bilang kalau ada stan perbaikan di pojokan. aku langsung capcus kesana. terlanjur isyin. imejku sebagai mbak yang imut dan cerdas pupus sudaahhh. untung adekku gak ada, lagi ke kamar mandi. kalau ada, lak tambah isyiiinnn aku.

aku muter2 nyari ruang perbaikan tapi gak nemu2. alhasil aku tanya ke bagian informasi. kata pak teguh, ke pak ghofur aja di ruang wakasek, minta formulir yang baru. hadaaahh, jangankan minta, beli juga gak papa. aku terlanjur ndredeg gara2 kesalahan yang disebabkan kekemploanku. kok bisa seeehhh salah masukin nilai iku? kemplo kok. ternyata banyak yang berubah di smaniv. salah satunya denah ruangan.

aku bingung ruang wakasek itu yang mana. dadakno ruang wakasek yang dimaksud adalah ruang TIK pas jamanku terakhir di smaniv. lak poseng seh akuuuu… pas disana, ada beberapa orang guru yang tentunya masih kuingat. gak tau deh mereka ingat aku apa gak. secara dulu pamorku biasa2 aja. abisnya aku gak pinter, gak tajir, gak cakep, gak ikut organisasi, gak eksis, dan gak2 yang lain sehingga efeknya adalah aku jadi gak populer. haiisshhh…. orangnya masih ke kamar mandi. aku pun nunggu pak ghofur beberapa saat.

aku: pak ghofur, perbaikan formulir gimana caranya?

pak ghofur: lho lapo kamu ndek sini? perbaikan formulir ya beli baru. seribu. *orangnya kenal aku, secara kita satu desa*

aku: ndaftarin adek, pak. lha kok ternyata aku salah nulis nilainya. lha beda e yang di formulir sama yang di ijazah. ternyata gak urut.

pak ghofur: lho adekmu kelas 3 ta wesan? walah wes gede yooo… iyo gak urut pancen. iki lhooo sing anyar. awas salah maneh nulise.

sembari nulis, pak ghofur tanya2 aku kuliah dimana. kujawab di UM, PGSD. orangnya manggut2. trus bu parmi -guru fisika- nyahut, “lho kamu calon guru ta? suka jadi guru?”. aku menjawab “iya bu” disertai sebuah senyuman manis. pak ghofur menambahkan, “iyo lha wong keluarga guru. bapakne, ibukne, masne, kabeh guru. sak tonggo2ne pisan guru. lha aku lak tonggone. hehe.”

kesalahan banget deh aku ngungkapin identitasku sebagai mahasiswa calon guru. apalagi pak ghofur yang ikutan bilang kalau keluargaku guru semua. gara2 itu, bu parmi bilang gini, “JARENE MAHASISWA CALON GURU. LHA KOK NGISI FORMULIR PENDAFTARAN AE SALAH.”

anjrot. isyiinn aku sumpah. cegek pol. isin pol notok njeduk. hadaaaa… coba aku gak kemplo dan ngisi formulir dengan bener, pasti aku gak bakal diisin2 gitu. hajiaaaa >,< sumpah isyin aku wes, isyiiinnnn. nggedek raiku pek. setelah ngisi formulir dan yakin bener, aku langsung capcyuussss kabooorrr T.T

NB: pray for my lil bro. doakan dia keterima di smaniv yaaaa!!!

2 thoughts on “akibat ke-kemplo-anku di smanivda 210611

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s