first moment is unforgettable memories :) it was awesome experience! (CC20146, SANCAKA)

mulanya, aku cuma suka suasana di kereta. dalam hal ini, kereta penataran kelas 3 yang selalu mengantarkanku tiap minggunya. lha mau gimana lagi, kereta ke malang cuma penataran tok. aku suka suasananya, meskipun harus berdiri dua jam lamanya. meskipun harus berdesakan dengan penumpang lainnya. meskipun terkadang harus mencium aroma gak terduga kayak bau amis ikan campur bau keringet orang2. meskipun kalo kebagian duduk, tetep harus sempit-sempitan karena berbagi tempat sama orang2. meskipun barang yang dibawa orang2 bermacam2 mulai dari berkodi2 tas untuk dijual sampai ayam jago yang dimasukkan keranjang. pokoknya aku suka banget lah di kereta. belum lagi kulinernya yang murah meriah dan penjual2nya yang lucu2 lengkap dengan jargon khasnya.

pengetahuanku tentang kereta cuma sederhana. sekedar tau ada lokomotif, gerbong, masinis, kondektur, penumpang, pedagang, sama karcis. kereta yang kutau juga sedikit. paling2 penataran, komuter, gajayana, malabar, matarmaja, sama tawangalun. liyane mbuh2an wes.

semenjak kenal beberapa anak railfans, aku jadi sedikit2 mulai ngerti tentang kereta. ternyata kereta tuh banyaaakkk banget. dan gak cuma penataran -___-  pokoknya banyak banget lah info yang kudapat sejak kenal sama anak2 railfans, ya meskipun gak banyak. gara2 itu juga, aku jadi suka motret kereta. yang tadinya sekedar naik, sekarang jadi suka motret. mungkin banyak orang berpikir, “ulaopoh meneng2 moto sepur. gak penting.”

tapi bagiku dan bagi anak2 railfans lain, motret sepur adalah suatu kewajaran dan masih berada dalam batas normal. meskipun nyatanya kalo ketemu sepur, kita semua bakalan edan. hahhaha… lha sekarang apa bedanya orang yang hobi motret sepur sama motret model? toh sama2 hobi motretnya, cuma beda objeknya. jadi yang namanya hobi itu gak bisa disalahkan. karena hobi hubungannya dengan kepuasan batin🙂

sabtu kemarin, aku ke gubeng sama nikki. niatnya seh mau motret dia, sekalian motret sepur kalo ketemu. panas2, eh malah digodain sama anak2 cowok di jembatan *gak tau arah mana, yang di atasnya SGU*. wesalah gak mbois pisan, digodain “asololeeee” sama mereka. hahhaha….

beberapa sepur dateng. tapi cuma surokerto, komuter, sama penataran. anjiirrr… gak onok seng mbois titik tah. ket biyen kok orep mati komuter karo penataran ae -___- udah gitu mesti di jalur satu. lak bingung aku ngambil gambarnya dari mana biar gak beklit. tapi ya tetep ae beklit. asololeee….

tau2 pas lagi duduk2 lihatin hasil fotoanku dengan sang model nikkiddiot, ada info kalo bentar lagi kereta sancaka dateng lewat jalur 6. lha aku yang emang lagi duduk2 di deket jalur 6 langsung semangat. karena males foto pas kereta jalan gara2 puanaasss, aku motret pas sepurnya mandek. aku juga nyempetin foto bareng lokomotifnya si idung kotak CC20146.

guess what… pas lagi motret, eh masinisnya turun. ada yang tua, ada yang muda. ganteng pisan😀 hahhaha. trus aku disuruh foto di atas loko, biar keren katanya. tapi nikki bilang gelap cahayanya. kereta udah mau jalan aja gitu. trus masinisnya ngajak aku ikutan naik lokomotif. pertamanya aku sempet ragu, iki nggenah ta gak aku dijak numpak lokomotif. ternyata mereka serius. trus aku tanya nikki mau apa gak. soalnya kan aku gak enak juga sama dia. eh dia mau. yaweeess budaaalll…

baru pertama ini aku naik lokomotif dan tau dalem kabinnya. gendeng pek, sumpah sueneng aku. malah masinisnya ngajak aku ke dipo induk sidotopo. ini kesempatan langka. sepangjang perjalanan dari gubeng-semut-sidotopo, aku terus tanya hal2 yang kurang kumengerti tentang kereta. aku yo ngguyu2 terus koyok wong gendeng saking gak ngandel’e nek naik lokomotif. sampek2 masinis yang muda bilang, “ket maeng ngguyu2 tok ae rek!” hahha lhaa aku seneng banget sumpah.

masinis tua (MT): emange awakmu asli ndi nduk?

aku: kulo ta pak? sidoarjo.

MT: lho mosok? sidoarjo ndi?

aku: tulangan pak…

MT: lho mosok? tulangan ndi? aku yo wong tulangan. aku wong medalem.

aku: kulo kenongo pak, ngajenge telkom.

masinis muda (MM): healaaa, mbulet ae. dadakno ketemu podo wong tulangan’e.

MT: lhaiyoo, mbulet. arek tulangan yo onok seng dadi calon masinis, sek kaet mari pendidikan. omah’e kepadangan. sopo seh iku jenenge… yudha ta sopo ngunu loh.

aku: ladalaaahh… nek niku nggeh semerap kulo pak. larene loh konco kulo ket SD. riyen pas SD les teng nggriyo kulo. SMP SMA nggeh setunggal sekolahan.

MT: aku yo duwe anak sak pantarane yudha. sak SMP ambek yudha, nang gelang. jenenge ribka.

aku: ya Allah paakkk, mbulet mawon. kulo nggeh semerap nek ribka. hahhahha

asololeee… ternyata bener kata orang kalo dunia gak selebar daun kelor. ternyata masinis KA SANCAKA yang kujumpai kemaren itu ayahnya temenku SMP dulu. yaelaaahh… kita ngobrol2 sampe ke dipo. pas di dipo, aku kaget banget. gilaaaa banyak banget lokomotifnya. udah gitu gede banget dipo-nya. aku sempet motret beberapa lokomotif dan foto sama lokomotif BB. aku suka lokomotif BB, bentuknya lucu. kotak, idungnya kecil. malah pas aku bilang si BB kayak roti tawar, masinisnya bilang, “roti tawar jare… pisan ae roti kukus.”

sampe di dipo, aku bilang makasih banget ke masinis2nya. trus pas aku foto sama loko BB, eh ada orang dipo bilang, “ayu2 kok fotone nang loko seng elek mbak.” hahha…. babahno, imut seehh. sama orang dipo, aku dibolehin lihat2, foto2 di surokerto, foto2 di dalem loko-nya juga boleh. tapi karena siang banget, jam setengah 2an, kita mengalami dehidrasi tingkat tinggi. alhasil kita beli minum di warung sebelah dipo sidotopo. langsung 2 gelas. asololeee….

abis minum, aku sholat. sengaja aku bawa mukena dari rumah. mau motret2 loko lagi, tapi sungkan sama nikki. soalnya kan dia mau ke WTC, eh malah nyasar ke dipo. lha kok pas mau ke musholla, di surokerto ada model dengan pakaian minim difoto beberapa fotografer lengkap dengan lampu buat lighting-nya. wesalah kamera’e ae monconge kliwat selawe senti. huwiikk… isin kalah kamera! hahha… motone yo sampe ndelosor2 pisan jeh. ckckck…

abis sholat, kita nyegat len F dan balik ke gubeng. trus jalan ke WTC, nganter nikki. karena harga jual yang gak sesuai sama bayangan, maka dia gak jadi jual hapenya. kita balik lagi deh ke gubeng buat pulang naik komuter. ya Allah…. sumpah bener2 gak terlupakan banget pengalaman kemarin itu. malah aku nampar2 pipiku buat ngeyakinin kalo aku lagi gak ngimpi. yo gak get2 seh nampek’e. lak loro2 dewe aku nek kebanteren hahhaha😀

well, bener2 pengalaman pertama yang unforgettable. yah, seperti kata orang pada umumnya. yang pertama emang selalu berkesan dan gak akan terlupakan🙂

ini lokomotif pertama yg kunaikin. narik kereta sancaka🙂 ikuuu mas2 dipo melok eksis -,- hahahyy

bb30109 @ dipo induk sdt🙂

ketemu komuter maneh pas silang di bananas :0

Leave a Reply

