PERJUANGAN IBU: 9 bulan penuh cinta tanpa keluh <3

mulanya aku suka sebal kalau naik kereta pas balik ke malang. kalau pas pulang se sidoarjo sih gak papa, nyantai. naiknya kan dari stasiun besar, jadi selalu dapet tempat duduk. kalau udah gitu kan bisa tak tinggal tidur. lha tapi kalau balik, aku naiknya dari tanggulangin, stasiun kecil. boro2 deh bisa tidur di kereta, dapet duduk aja jarang.

seringnya kalau balik, aku selalu berdiri. kadang berdiri di tengah, kadang juga di deket pintu. yang jelas aku emoh di kamar mandi sama di sambungan. ambune gak enak, trus kalau di sambungan tuh bahaya. wes pokok e wegah aku nek nang njero jeding. mending sesek2an di tengah atau di deket pintu dari pada di kamar mandi.

pas itu, aku bawa barang banyak banget. ya ransel, ya tas jinjing. ranselnya tak gendong depan. sumpaaahh uanteeepp. wesalah berdiri 2 jam mameenn!! udah desek2an di kereta, bawa barang banyak banget pula. aku udah frustasi banget nunggu keretanya nyampe malang. gendeng pek! maklum, awal2 kuliah kan barang bawaanku banyak banget, sekalian mindah2in baju gitu ke kosan.

tapi hari itu temenku -yang balik bareng aku- bilang sesuatu. kata2nya kemudian menyadarkanku akan sesuatu. dia bilang, “ya awoh fir, awak dewe nggendong tas rong jam ae sambatan. ngene biyen ibuk’e kene mbobot awak ndewe malah 9 wulan. ngono yo betah e. ya awoh, soro yo ibuk’e kene biyen”

GLEK. aku langsung spicles. bener juga apa katanya. umikku dulu pas mengandung aku selama 9 bulan gak pernah ngeluh. mending kalau tas, bisa ditaruh. lha kalau jabang bayi? masa ya pas capek, umikku naroh aku ke meja. kan gak mungkin. wong aku ada di dalam perutnya.

selama 9 bulan, umik gak pernah ngeluh. malah beliau menanti2 banget kehadiranku. meskipun kadang aku nendang2 perutnya, tapi beliau tetap sabar merawatku yang masih dalam kandungan. pas sholat, pas mandi, pas tidur, pas jalan2, kemanapun beliau tetep bawa aku di perutnya tanpa ngeluh. masalah capek, ya jangan ditanya. wong aku yang gendong tas 2 jam aja capeknya naujubilah.

sampai kemudian saat melahirkan tiba. umikku melahirkanku dengan taruhan nyawa. gak atek operasi2an jeh. melahirkan normal masa kesembuhan pasca melahirkannya emang lebih cepet dari pada operasi, tapi resiko kematiannya juga lebih gede. subhanawoh masa awoh!

rek, begitu besar pengorbanan orang tua kita, terutama ibu. jangan pernah kecewain mereka ya🙂 sekalipun mereka mungkin bukan teladan yang baik bagi kita, mereka tetap orang tua kita. bagaimanapun juga kita tetap harus menghormati dan patuh kepadanya.

salam sayang🙂

PhieRda !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s