KA PENATARAN: refleksi kehidupan sosial-ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

namanya PENATARAN. serangkaian 6-7 kereta yg melaju di lintas surabaya-blitar. warna luarnya oranye.

bagiku, penataran bukan hanya angkutan umum yg mengantarkan penumpang. namun penataran ialah cermin kehidupan. sebagai sebuah cermin, ia merefleksikan berbagai sudut kehidupan, terutama masyarakat dg ekonomi menengah ke bawah.

jangan tanya gimana sesaknya. jangan tanya gimana pengapnya. jangan pula tanya gimana kondisi di dalamnya maupun penumpangnya. karena dg sebuah penjelasan gak akan cukup menjawab pertanyaan2 itu. maka silahkan naik, alami, dan simpulkan sendiri .

penataran terpaksa jadi idola karena tak lagi ada pilihan. kereta dg harga tiket yg murah tentu saja diburu warga. meski lama perjalanannya, meski penat rasanya, namun penataran tetap menjadi pilihan utama.

di sini, aku dipertemukan dg orang2 hebat yg bersembunyi dibalik wajah lusuh dan baju yg begitu sederhana. mereka hebat bukan karena memiliki segalanya, bukan pula karena mereka sempurna. kehebatan mereka adalah mampu membuka mataku bahwa aku salah besar jika berpikir akulah satu2nya orang yg paling menderita di dunia. mereka membuatku mengerti akan pentingnya rasa syukur kepada Allah. dari mereka, aku belajar untuk menerima dg ikhlas apapun karunia-Nya.

hikmah yg selalu kudapatkan dari penataran adalah jangan pernah merasa lebih atau kurang dibanding orang lain. karena dari dulu sampai kapanpun, selalu ada orang yg lebih atau kurang dari dirimu.

8 thoughts on “KA PENATARAN: refleksi kehidupan sosial-ekonomi masyarakat menengah ke bawah.

  1. Kereta ini juga yg selalu setia untuk perjalanan PP malang-surabaya ketika akan kuliah di sby. Meskipun mungkin dengan ngebis lebih nyaman,tapi dengan penataran kita bisa mengerti salah satu sisi kehidupan masyarakat. Kita bisa ngobrol dengan santai dengan berbagai tipe orang yg ada di kereta ini. Sekarang pelayanannya lumayan meningkat dibanding yang sebelumnya setelah adanya penomoran tempat duduk, namun kembali lagi masih banyak orang yg kurang kesadarannya ketika tempat duduk yg seharusnya untuk penumpang bertiket,diduduki oleh penumpang yg tanpa tempat duduk. My lovely penataran🙂

    • yup. dibalik gerah dan sumpeknya penataran, selalu ada hikmah yg terselip. banyak orang yg menginspirasiku di penataran. mereka mengajarkanku akan berbagai hal ttg kehidupan, terutama ttg rasa syukur. meski k3, namun penuh makna. iya, sangat disayangkan ketidakpatuhan penumpang thd aturan yg telah dibuat. yeesss.. my lovely penataran ^^

      • Apalagi kalo bisa menangkap berbagai momen yang ada di penataran dengan kamera kita,nantinya akan menjadi tema Human Interest yang alami🙂

    • maunya sih gitu. aku pulang-balik sidoarjo-malang selalu bawa kamera pocket. tapi sungkan kalau mau motert mengabadikan momen. takutnya dikira sok atau malah bikin penumpang lain gak nyaman🙂

      • iya juga sih,atau gini aja,sesudah mengambil momen dari salah satu penumpang,kita minta ijin kepada yg telah kita poto untuk koleksi poto kita,semoga diijinkan😀 soalnya memang banyak sekali momen bagus yang sangat sayang sekali kalo terlewatkan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s