Bangga Menjadi Bagian dari PGSD UM

Bagi anak kelas XII SMA, pertanyaan “Mau kuliah dimana? Ambil jurusan apa?” adalah pertanyaan papan atas yang gak pernah luput untuk ditanyakan. Kebanyakan anak yang lebih memilih SMA daripada SMK memang dari awal berencana untuk melanjutkan kuliah, ya walaupun gak semua sih. Saat itu, aku juga bertanya hal yang sama kepada temen-temenku dan ditanya oleh mereka dengan pertanyaan yang sama.

 

“Kon kate kuliah nandi maringene, Pir? Njupuk jurusan opo?”

 

 

Aku menjawab dengan mantap. “PGSD. Nek gak Unesa, yo UM. Pokok e PGSD.”

 

 

Begitu denger kata ‘PGSD’, semua temenku mengernyitkan dahi. Gak ada yang tau apa itu PGSD. Kebanyakan temenku familiar dengan jurusan seperti kedokteran, PWK, arsitektur, teknik sipil, FKM, desain grafis, dan bukan PGSD. Mereka juga kebanyakan terpikir untuk kuliah ke ITS, Unair, UB (Unibraw), dan universitas-universitas lain yang non keguruan/pendidikan. Jarang dari mereka terpikir untuk masuk ke jurusan-jurusan yang keguruan/kependidikan.

 

“PGSD? Opo iku? Gak tau krungu.”

 

Selalu begitu. Setiap kali aku bilang PGSD, pasti gak ada yang tau. Lalu aku menjelaskan kalau PGSD itu Pendidikan Guru Sekolah Dasar (SD). Mereka kemudian mengangguk. Mereka paham betul kalau dari kelas XI aku emang udah niat banget pengen jadi guru, terutama guru SD.

 

Jika dulu banyak yang gak ngerti tentang PGSD, sekarang PGSD malah sangat populer. Banyak sekali peminatnya. Hal itu terbukti dengan banyaknya pendaftar setiap tahunnya. Contohnya di UM, almamaterku. Pendaftar jurusan lain hanya berkisar ratusan, PGSD kisarannya mencapai ribuan.

 

Pas tahunku dulu, yang daftar PGSD tuh 2000an, yang diterima cuma 3 kelas, sekitar 150an. Jika diumpamakan, probabilitas keterima PGSD tuh sama kayak 1 dibanding berapa yaaa… sekitar 1:13. Itu dulu pas tahunku. Sekarang beda lagi. Tiap tahun peminat PGSD semakin meningkat. Mungkin karena faktor desas-desus bakal banyak guru yang pensiun, serta adanya tunjangan sertifikasi kali ya. Akibatnya banyak orangtua yang berpikir menjadikan anaknya seorang guru, utamanya guru SD, adalah pilihan yang sangat tepat mengingat kesejahteraan guru semakin terjamin.

 

Meski demikian, gak gampang masuk PGSD. Serangkaian tes harus dijalani. Hal ini dimaksudkan agar input (maba) yang diterima adalah pilihan yang berkualitas, sehingga dengan olahan yang baik oleh universitas, akan dihasilkan output (lulusan) yang bermutu. Tes dilakukan berkali-kali, mulai dari tes potensi akademik hingga tes keterampilan. Beuuh riweuh pokoknya. Kalau kata anak Kediri, peehh jaann ra umum tes e.

 

Sekarang aku udah semester 7 di PGSD UM. Kalau inget-inget masa pendaftaran dulu, jadi merasa sangat bangga bisa menjadi bagian dari civitas akademika PGSD UM. Serius ini. Gak mbujuk brooh. Tesnya banyak banget, mana ngantrinya lama.

 

Yang khas dari PGSD tuh tes kemampuan/keterampilan dasar yang sekaligus tes wawancara. Kalau di UM, setiap peserta akan ditanya oleh dosen penguji. Pertanyaan yang gak pernah terlewatkan yaitu, “Mengapa memilih PGSD?”

 

Umumnya, jawaban yang keluar dari mulut para peserta yaitu “Menjadi guru SD adalah cita-cita saya sejak kecil.” Biasanya jawaban yang seperti ini bernilai kurang, karena sudah sangat klise. Ketika ditanya alasan masuk PGSD, para peserta harus menjawab dengan mantap dan rasional, bukan berlindung dibalik ‘cita-cita sejak kecil’.

 

Setelah itu, dosen akan bertanya-tanya tentang asal kita, apa saja yang khas dari daerah kita (kebudayaan, kuliner, dsb), atau bisa jadi latar belakang keluarga kita. Itu semua tergantung dari dosennya juga sih.

 

Tapi yang gak pernah ketinggalan, kalau di UM tuh para peserta dikasih kertas kosong gitu kan… Nah para peserta disuruh ngegambar disitu, gambar apa aja terserah… Yang pasti, gambar tersebut harus disertai dengan keterangan. Jadi seumpamanya aku gambar sebuah rumah, nah di bawah gambar tadi ada tempat untuk menuliskan alasan/maksud kita dengan gambar tersebut. Tes ini selalu ada di PGSD UM.

 

Nah setelah ditanya-tanya dan disuruh ngegambar (gak tau yang mana lebih dulu, lupa), para peserta diminta buat nyanyi, nari, nulis tegak bersambung (latin), praktik mengajar, atau bahkan sekedar jalan biasa di depan dosen. Tes ini juga tergantung dosen pengujinya. Ada dosen yang cuma meminta peserta yang diujinya buat melakukan salah satu dari hal-hal yang aku sebutin tadi, ada juga dosen yang meminta semuanya dilakukan.

 

Well, menjadi guru itu gak mudah. Jika dulu guru disepelekan, maka sekarang berbeda. Guru sama dengan dokter. Oleh sebab itu, buat kalian yang masuk PGSD dan berminat masuk PGSD, jangan merasa kecil hati, justru berbanggalah. Derajat kita sama elitnya dengan anak-anak FK. *nepuk dada*

 

Kalau FK banyak peminatnya dan banyak saingannya, PGSD juga. Kalau buat masuk FK tesnya susah, PGSD juga. Kalau jadi dokter harus sarjana, jadi guru juga. Kalau jadi dokter harus praktik dulu, jadi guru juga. Kalau dokter punya kode etik kedokteran, guru juga punya kode etik keguruan. Kalau dokter menangani pasien yang berpenyakit, guru juga (menangani siswa yang bermasalah). Yaa pokoknya gak beda jauh lah.

 

Intinya sih kuliah di jurusan apapun di universitas manapun sama aja, sama bagusnya sama pentingnya asal setiap yang kita pelajari akan dipergunakan/dimanfaatkan. Gak ada ilmu pengetahuan yang terbaik, semua ilmu pengetahuan itu baik, penting, dan dibutuhkan.

 

Salam PGSD :)

 

Lokasi Penempatan PGSD UM PP2 Sawojajar

42 thoughts on “Bangga Menjadi Bagian dari PGSD UM

  1. mbak, saya mau tanya, kira2 daya tampung pgsd um tahun 2014 berapa ?
    Saya dari jurusan ipa, apa bisa masuk ke pgsd melalui snmptn undangan ?
    Terima kasih

  2. mbak phierquinn…
    aku tanya dulu pas masuk pgsd um sulit enggak ?
    adek pean ipa apa ips mbak dan lewat jalur snmptn atau tes ?
    mohon d blz

  3. ka aku mw tanya tes wawancara yang ditanya selain di atas ad apa lg prtnyaannya?
    trus pertanyaan “alasan jd guru pgsd”?
    kalau jwbn cita2 sudah bnyk trus kira2 jwbn yg bgs apa?
    tlg d blas ya ka

  4. SALAM PGSD🙂
    ass… aku juga bangga mba ketrima di pgsd nya UM, tambah bangga lgi setelah baca tulisan mba
    trimaksih kaka tingkat. hehe🙂

  5. Assalamu’alaikum kak..
    Akuu mauu tanya kak, kaloo tes akademik itu meliputi apaa aja kak ? Akuu dii jurusan ips, mohon sarannya kak !

  6. assalamualaikum wr.wb kak.
    mau tanya nih, masuk pgsd itu nilai rapor yg diambil apa aja ya?
    terima kasih sebelumnya.😉🙂
    wassalamualaiku wr wb

  7. Assalamu’alaikum mbk, seandainya saya masuk PGSD tp swasta tp akreditasi C. apakah ke depannya baik atau bukan mbak??

    • waalaikumsalam.. untuk akreditasi itu ada 2, ada akreditasi universitas dan akreditasi program studi.. nah biar amannya, usahakan kedua akreditasi tersebut minimal B karena akreditasi berpengaruh terhadap seleksi penerimaan pegawai dan akan menentukan standar nilai minimal..

  8. Kak, mo tanya. Kalo ikut tes sbmptn, pgsd ini masuk rumpun soshum atau saintek ya? Mohon balasan secepatnya kak.

    • biaya tiap tahunnya peraturan berganti.. aku dulu th 2010 masuk pgsd 1,5 jt per semester.. adekku masuk pgsd th 2014 tiap smt 5 jt krn UM skrg menerapkan UKT dmn biaya ditentukan berdasarkan kemampuan orangtua

  9. Kak kira2 tahun 2016 ini gmna pgsd um saingannya tmbh bnyak gak kak ya?? Aku tkut kak. Tpi aku pengn bnget msuk ndk um..

  10. mba saya mau nanya kalau test2 yang mba sebutkan (belajar jalan, nari, menulis huruf latin, menggambar, ditanya kenapa mau masuk pgsd) itu selalu ada disetiap universitas atau hanya di UM saja? dan di UM pgsd itu sudah terakreditas apa mba? terimakasih mba, tolong dibalas. saya penuang sbm 2016.

    • waah maaf yaa baru sempet buka blog nih.. pengalamanku dulu waktu ikut tes di unesa juga sama kayak um gitu, ada tesnya.. tetapi tidak semua tes dilakukan.. tergantung dosen pengujinya🙂 semoga lolos ya pgsd nya🙂

  11. Kak saya mau tanya, klo pgsd um itu kira” brapa smester ya totalnya, truz bisa milih ngga mau ambil pgsd mta plajran apa . trimakasih, mhon di balas

  12. Mbak bedanya ambil FK sma pgsd itu apa? Tolong di jelaskan mbak. Soalnya saya juga masih bingung. Dan kalo pgsd itu mata kuliah yg di ajarkan apa aja kalo boleh tau
    Tolong di jawab mbak ya. Biar nambah” pengetahuan nantinya
    Trimakasih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s